pengenalan perangkat jaringan dan fungsinya

Tags

Bismillahirohmannirohim..
assalamualaikum wr wb..

A.pendahuluan 

kali ini saya akan share tentang perangkat perangkat jaringan beserta fungsinya

B.pengertian
perangkat jaringanadalah semua komputer , peripheral, interface card dan perangakat tambahan yang terhubung ke dalam suatu sistem  jaringan komputer untuk melakukan komunikasi data.

C.latar belakang



perangkat jaringan dibutuhkan pada saat kita akan membangun jaringan  semisal  lan,man,wan.

D.maksud dan tujuan


untuk mengenal perangkat jaringan  

E.Pengertian 
Perangkat jaringan komputer - adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer sehingga dapat saling berbagi data.Perangkat jaringan sangat dibutuhkan mengingat hal ini adalah tool pokok yang harus ada dalam sebuah jaringan komputer.


Pada kesempatan kali ini saya juga akan mengulas macam-macam perangkat jaringan.yuk! kita langsung saja.

E.pembahasan

1.Komputer Server

yang pertama adalah komputer server .ya komputer server adalah suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. komputer Server akan melayani seluruh client atau workstation yang terhubung ke jaringannya. 







2.Komputer Client

yang kedua adalah komputer client atau biasa disebut dengan user atau workstation. komputer client adalah Komputer Client adalah seperangkat komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server. Istilah Komputer Client bisa di sebut dengan Workstation atau Node.






3.HUB

HUB adalah perangkat jaringan yang menghubungkan perangkat-perangkat dengan kabel ETHERNET atau Serat optik yang berfungsi untuk menerima sinyal dari server atau host dan kemudian mentransmisikannya ke client yang akan membentuk suatu jaringan.





4. ROUTER
ROUTER adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring.

5.NIC/LAN CARD
NIC/Lan card adalah LAN Card adalah ‘pintu’ ke jaringan dari komputer.Setiap jenis aktivitas jaringan memerlukan LAN Card–Internet,jaringan printer,menghubungkan komputer bersama-sama.


6. SWITCH
Switch adalah perangkat atau Device yang berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung pada perangkat tersebut, fungsi tersebut sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan adalah switch bisa melakukan pengaturan berupa proses filter paket data. Biasanya masing-masing port pada switch bisa disetting sehingga bisa ditentukan port mana saja yang bisa saling terhubung. Switch beroperasi pada layer dua (Data Link Layer) dari OSI model.
7.BRIDGE
Bridge adalah perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi bridge.
8.Access Point
Access Point adalah adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network) menggunakan wifi, bluetooth dan sejenisnya. Wireless Access Point digunakan untuk membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) ataupun untuk memperbesar cakupan jaringan wifi yang sudah ada (menggunakan mode bridge).



9.MODEM
 Modem atau Modulator Demodulatoadalah sebuah alat yang digunakan untuk me-
nghubungkan komputer dengan internet melalui telepon, line kabel dan layanan dari penyedia jasa telekomunikasi lainnya. Modem sebenarnya merupakan singkatan dari modulator-demodulator. Dua kata itu sendiri mewakili dua macam fungsi yang dijalankan oleh sebuah modem.




10.kabel
Kabel dalam bahasa Inggris disebut cable merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain. kabel berfungsi untuk membawa paket data dari server menuju client, tentunya dalam suatu jaringan yang bukan merupakan jaringan wireless.




11.Connector
Connector adalah suatu komponen Elektro-Mekanikal yang berfungsi untuk menghubungkan satu rangkaian elektronika ke rangkaian elektronika lainnya ataupun untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya.






12.Repeater
Repeater adalah perangkat keras jaringan komputer untuk memperkuat sinyal jika digunakan pada jarak yang jauh. Dengan adanya repeater ini jaringan yang tidak terjangkau oleh jarak yang cukup jauh dalam suatu lan, dapat dikembangkan dan di tarik agak jauh dan memperoleh sinyal yang cukup.





F.hasil yang diharapkan

dapat mengenal perangkat perangkat jaringan dengan lebih baik

G.kesimpulan

Dengan adanya beberapa perangkat jaringan yang telah disebutkan diatas, kedua komputer atau lebih bisa saling terhubung dan saling bertukar data. Simak juga mengenai macam-macam topologi jaringan, agar anda tahu beberapa struktur atau konsep sebelum anda membangun sebuah jaringan.



EmoticonEmoticon